Istimewanya Pahlawan

Apa yang istimewa pada diri para pahlawan? Jawaba untuk pertanyaa ini serbaneka. Namun, jika kita menjawab pertanyaa itu pada latar keprihatinan kita atas kekurangbisaan kita menggalang relasi antarisan, mungkin kita akan menjawab, pahlawan bisa meminggirkan kepentingan diri-sendiri dan mengutamakan kepentingan orang lain, kepentingan luas masyarakat dan bangsa.

Pahlawan 

Itu sebabnya para pahlawan berani berkorban, bahkan mengorbankan nyawa mereka. Kita kini menyaksikan banyak gejala mencerminkan kekurangbisaan, bahkan kegagalan, kita menggalang relasi antarinsan yang memungkinkan Indonesia adalah salah satu bukti mencolok betapa orang Indonesia sangat mengutamakan kepentingan diri-sendiri. Paling jauh hanya kepentingan keluarga atau kelompok sendiri.

Orang yang korupsi tidak peduli masyarakat dan bangsa. Korupsi hanya menguntungkan diri-sendiri. Namun, secara pasti mendatangkan kerugian finasial, ekonomi, kultural, politis, social, moral, etis yang semua mesti ditanggung masyarakat luas dan bangsa. Gejala kekerasan social, baik yang terbuka maupun tertutup, juga membuktikan kegagalan menggalang relasi antarisan itu. Kekerasan adalah gejala yang merebak ketika insan-insan tidak lagi memiliki kemampuan untuk belajar hidup bersama dan mengejawantahkan hidup bersama. Kita masih harus banyak belajar untuk hidup bersama (learn to live together).

Secara psikodinamik kita boleh memahami betapa manusia tega melakukan kekerasan kepada sesamanya. Antara lain karena dia tidak peduli. Tidak peduli berarti tidak memikirkan nasib orang lain, tidak memperhitungkan nasib oaring lain. Lagi-lagi kita mel;ihat betapa gejala kekerasan yang merebak secara psikososial adalah salah satu bukti bagaimana orang Indonesia amat sangat mementingkan diri-sendiri, dan sangat sedikit (untuk tidak dikatakan sama sekali tidak) memikirkan kepentingan orang lain, apalagi memikirkan kepentingan masyarakat luas dan kepentingan bangsa.

Kini, di tengah suasana Hari Pahlawan, sudikah kita mengakui dan menyadari kembali “penyakit” kita itu? Penyakit terlalu mementingkan diri-sendiri dan amat sangat kurang mementingkan orang-orang lain, masyarakat, dan bangsa?.

Mudah-mudahan saat-saat Hari Pahlawan meresapkan penyadaran dan pengakuan akan penyakit yang kita idap bersama itu. Memang, ironis sekali, kita yang tidak bisa dan gagal menggalang kebersamaan yang sehat, justru buruk sekali, yaitu sama-sama mementingkan diri-sendiri, serta tidak peduli pada kepentingan orang lain, masyarakat dan bangsa.

Pelajaran penting yang niscaya kita petik dari Hari Pahlawan adalah sunggu belajar untuk hidup bersama. We have to learn to live together. Hidup bersama demi pencapaian tujuan bersama yang bernilai adalah hal sangat penting dalam pendidikan. Pendidikan tidak hanya berarti belajar untuk mengetahui dan bisa mengerjakan suatu tugas, tetapi pula belajar untuk mampu hidup bersama demi mencapai tujuan bersama nan bernilai. Kemampuan hidup bersama mensyaratkan kesediaan, kerelaan, dan keberanian untuk meniru pelajaran penting yang diperagakan riil oleh para pahlawan.

Selain belajar dari pahlawan, kita pun perlu mendapatkan pengalaman belajar rill hari demi hari tentang kesediaan, kerelaan, dan keberanian mementingkan masyarakat dan bangsa melampaui diri-sendiri. Pahlawan bisa berperan sebagai salah satu sumber teladan. Pada perspektif ini pahlawan berperan sebagai guru. Lalu apakah kita kini hanya boleh berharap semata kepada para pahlawan yang sudah mendahului kita, untuk menjadi guru-guru kita?

Mestinya tidak semata begitu. Untuk pembelajaran yang lebih efektif, masyarakat Indonesia amat membutuhkan teladan hidup, contoh actual, sikap dan perilaku mementingkan masyarakat luas dan bangsa melampaui diri-sendiri. Akan baik sekali kalau teladan hidup dan contoh actual itu diperagakan secara riil, di tengah kehidupan sehari-hari, oleh para pemimpin masyarakat dan bangsa. Mereka perlu menjadi guru sejati, pelopor dan contoh riil, hidup,dan actual dari sikap, laku, tindak mementingkan masyarakat dan bangsa melapaui diri-sendiri.

Selamat Hari Pahlawan dan Salam Happy Blogging..
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

47 comments:

  1. selamat hari pahlawan..........
    mulai dari diri sendiri tuk menjadi pahlawan sejati,,,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagi yang sudah berkeluarga, Ayah dan Bundanya adalah PAHLAWAN bagi anak anaknya. GURU adalah Pahlawan bagi murid muridnya. Semua dari kita adalah PAHLAWAN dibidangnya masing masing

      Delete
  2. semua orang boleh menjadi pahlawan
    tapi bukan semua dikenang sebagi pahlawan

    kita boleh menjadi pahlawan dengan cara kita sendiri

    ReplyDelete
  3. Wahh hari ini hari pahlawan ya? Hmmm Selamat hari pahlawan aja deh...

    ReplyDelete
  4. keren bnget ya,,
    selaamat hari pahlawan deh :)
    kunjungan balik ya gan >>

    ReplyDelete
  5. Selamat hari pahlawan, semoga tiap individu warga negara Indonesia lebih mampu untuk hidup rukun.

    ReplyDelete
  6. Berkat pahlawanlah Indonesia bisa merdeka dan bebas dari penjajahan tapi ironisnya pahlawan yang dulu yang masih sisa dan hidup sekarang ini kurang mendapat perhatian pemerintah secara lebih.

    ReplyDelete
  7. selamat hari pahlawan
    semoga arti dari peringatannya sendiri..ndak sebatas formalitas...
    namun ada nilai luhur dan cita cita para pahlawan yang bisa jadi penyemangat dalam pembangunan ini..

    salam dari bp pembangunan.. :)

    ReplyDelete
  8. saya setuju dgn " We have to learn to live together " sbg budaya bangsa kita yg mulai terkikis.

    ReplyDelete
  9. jangan sekali2 melupakan pahwalan sob, berkarakter banget deh :D

    ReplyDelete
  10. Bener banget, pahlawan adalah mereka yang mau berkorban bukan untuk kepentingan pribadi, bahkan nyawa rela menjadi taruhannya...
    Sekarang kita tinggal mewarisi semangat pahlawan yang sudah mulai luntur ini..

    ReplyDelete
  11. walaupun telat satu hari, semoga pahlawan kita menjadi contoh teladan bagi generasi penerus bangsa

    ReplyDelete
  12. Selamat hari pahlawan. Semoga di hari pahlawan ini, kita bisa mengenang jasa-jasa mereka memperjuangkan kemerdekaan Indonesia :)

    ReplyDelete
  13. Pahlawan merupakan salah satu orang yang patut kita teladani gan :D good artikel

    ReplyDelete
  14. selamat hari pahlawan...semoga kita bisa mewarisi semangat mereka dalam berjuang

    ReplyDelete
  15. selamat hari pahlawan, bila kita selalu berusaha berbuat baik dalam kehidupan kita, maka kita termasuk pahlawan dalam kebaikan...
    btw-jangan lupa ikutan GA ku ya... di http://hariyantowijoyo.blogspot.com/2013/10/masuk-neraka-siapa-takut.html salam :-)

    ReplyDelete
  16. Salah satu teladan yang penting banget dari para pahlawan itu adalah keikhlasan. Orang2 jaman sekarang masih sedikit yang memilikinya...

    ReplyDelete
  17. Hadir kembali demi istimewanya pahlawan. Merdeka ! :-t

    ReplyDelete
  18. selamat hari pahlawan mas, maaf telat berkunjung

    ReplyDelete
  19. selamat hari pahlawan.. semoga kita bisa jadi pahlawan, setidaknya untuk diri sendiri :)

    ReplyDelete
  20. selamat hari pahlawan :)
    kita harus menghargai perjuangannya

    di tungggu kunjungan baliknya gan :D

    ReplyDelete
  21. kalau pahlawan paling tidak setiap tahun kita akan mengenangnya mas.. daripada jadi pecurang seperti koruptor yang setiap menit disumpahi oleh rakyatnya.. :)

    ReplyDelete
  22. Hidup pahlaewan indonesia
    http://android-canggih.blogspot.com/2013/11/cara-mencopot-atau-uninstall-aplikasi.html

    ReplyDelete
  23. :-( ksdang orang ga mikir gimana rasanya jadi mereka
    selamat hari pahlawan
    *mengheningkan cipta*

    ReplyDelete
  24. Selamat hari pahlawan ya, mohon maaf baru sempet berkunjung lagi nie :)

    ReplyDelete
  25. Yang namanya pahlawan itu kalau sudah meninggal ya Mba ? kalau masih hidup bisa gak ya dikatakan pahlawan ? hm........

    Salam

    ReplyDelete
  26. Ikut mengucapkan hari Pahlawan, semoga kita dapat menjadi pahlawan kehidupan di dalam keluarga kita dan lingkungan di sekitar kita ya Mba.

    Salam,

    ReplyDelete
  27. Jauh beda banget pokonya sama generasi sekarang... ya nggak ??? heheh, terima kasih pahlawanku, terima kasih untuk seluruh tumpah darah yang kalin korbankan untuk tanah air ini

    ReplyDelete
  28. MERDEKAA...!!! lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali :d

    ReplyDelete
  29. selamat hari pahlawan...MERDEKA...

    mohon ma'af sayah baru sempet berkunjung kemari

    ReplyDelete
  30. saya juga ucapkan selamat hari pahlawan sobat..

    ReplyDelete
  31. semoga kita termasuk diantara generasi yang menghormati jasa para pahlawan kita...aamiin

    ReplyDelete
  32. Pahlawan tanpa tanda jasa, tapi tidak untuk sekarang :D salam sis

    ReplyDelete
  33. Maaf Telah, Semoga Momentum Kemaren Memberikan Semangat kepada Anak Muda Semua Untuk Selalu tetap semangat

    ReplyDelete
  34. Lama sudah gak berkunjung kesini .. makin keren aja nih sista yg atu ini

    ReplyDelete
  35. perasaan kemaren saya ada komen disini,, laahh.. komen saya kemana yaa.. :D

    ReplyDelete
  36. pahlawan tanpa jasa adalah guru. hehehe

    ReplyDelete

Peraturan Berkomentar di Blog ini:
1. No live link!! dan Dilarang nyepam disini..!!
2. Jangan menggunakan shortlink